Apa itu Dokter Retina dan Bagaimana Memilihnya?

 11/10/17

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu apa itu dokter retina. Sesuai namanya, dokter retina adalah dokter mata yang spesialisasinya mengurusi bagian retina mata pasiennya. Jika ingin tahu lebih lanjut soal dokter retina dan cara memilih dokter retina yang baik? Yuk simak yang satu ini.

Retina adalah bagian dari mata  yang sangat penting, tugasnya menerima cahaya dari lensa mata. Sama seperti kamera, cahaya diubah menjadi sinyal elektrik lalu dikirimkan ke otak. Bila Anda mengalami gangguan pada retina, gejala yang muncul misalnya melihat kilasan cahaya, penglihatan buram, dan tidak fokus.  Mau tak mau, Anda harus pergi ke dokter retina. Dokter spesialis retina akan melakukan pemeriksaan retina di kedua mata.

Bila penyakit retina Anda tidak serius, mungkin Anda hanya akan diberikan obat tetes mata. Lantas bagaimana dengan bedah retina? Bedah retina hanya dilakukan jika dokter spesialis retina menganggap mata pasien terancam buta dan tidak ada cara lain yang dapat ditempuh selain pembedahan. Penyakit retina yang perlu menjalani bedah misalnya pelepasan retina, pembuluh darah retina tersumbat, retinopati diabetik, dan lubang macula.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memilih dokter retina yang andal? Rekomendasi dari keluarga atau dari teman mungkin salah satu jawabannya. Dokter yang berkualitas pasti akan membuat para pasiennya puas.  Para pasien yang puas tersebut tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada teman atau keluarganya.  Untuk lebih meyakinkan hati, Anda juga bisa googling untuk mengecek apakah dokter yang bersangkutan pernah dikomplain atau tidak. Bisa cek pula apakah dokter  retina tadi lulusan universitas bergengsi atau bukan. Selain itu, yang tak kalah penting, pilih juga dokter retina yang berpraktik di klinik mata dengan alat-alat yang canggih. Pasalnya pemeriksaan dan pembedahan retina dengan alat canggih akan meminimalkan risiko kegagalan operasi. Salah satu contoh tempat dengan alat-alat canggih serta dokter retina yang sangat berpengalaman adalah di Klinik Mata Nusantara.

Demikianlah tadi sekilas mengenai dokter retina dan bagaimana memilih dokter retina. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak pergi ke dokter retina.

Back