Apa itu LASIK mata dan Bagaimana Prosedurnya

Di dalam dunia kedokteran mata, LASIK mata tergolong prosedur baru untuk mengoreksi penglihatan. Prosedur ini cepat populer di masyarakat karena prosesnya cepat dan risikonya kecil dan manfaatnya besar. LASIK mata  merupakan bedah yang bertujuan mengubah bentuk kornea mata. Untuk melakukan LASIK mata, dibutuhkan laser yang telah diprogram untuk menghilangkan beberapa jaringan yang ada di kornea. Ahli bedah meratakan lengkungan kornea atau membuatnya lebih curam dengan menggunakan laser tersebut.

Bagaimana prosedur LASIK mata? Proses awalnya, pasien mungkin akan diberi obat agar rileks dan diberikan obat tetes agar mata mati rasa. Untuk mencegah mata berkedip dan membuat mata tetap terbuka, dipasang semacam penyanggah kelopak mata. Untuk mencegah mata bergerak, dipasang juga alat khususnya. Proses inti pun tiba. Proses Laser dilakukan untuk membuat flap, yaitu selaput tipis yang dibuat untuk membuka lapisan luar kornea. Langkah selanjutnya, melakukan proses Laser kembali untuk membentuk kecembungan kornea, sesuai dengan kebutuhan (besarnya minus atau slinder). Hal ini bervariasi antara satu pasien ke pasien lain, mengingat masalah penglihatannya pun berbeda

Setelah selesai, flap tadi akan melekat dengan sendirinya tanpa harus dijahit. Melekatnya pun dalam hitungan beberapa menit saja. Wow, luar biasa, bukan? Untuk membantu proses penyembuhan, obat tetes akan diberikan. Prosedur LASIK mata tak memerlukan waktu lama, biasanya sekitar setengah jam atau kurang. Kini bahkan hadir generasi terbaru LASIK mata di KMN. Prosedur yang dipakai dalam teknologi LASIK terbaru ini bahkan sudah diizinkan untuk dilakukan pada pilot pesawat militer AS. Tidak semua klinik di Jakarta dapat melakukan prosedur ini, hanya klinik tertentu saja, misalnya Klinik Mata Nusantara di Jakarta. 

Jika Anda tergiur untuk LASIK mata, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter mata, mengingat ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya, tidak boleh dilakukan pada wanita hamil, manula, atau kondisi kornea yang ketebalannya cukup. Pilih juga klinik mata atau rumah sakit yang reputasinya bagus untuk LASIK mata.