Beberapa Risiko Operasi LASIK

23/10/17

Risiko Operasi LASIK

Operasi LASIK adalah operasi yang sudah umum dilakukan dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Namun hal itu bukan berarti operasi LASIK bebas dari komplikasi yang bisa terjadi setelah operasi. Apa saja komplikasi yang bisa terjadi? Yuk simak ulasan berikut ini.

Gejala mata kering

Operasi LASIK pada dasarnya adalah pengikisan lapisan kornea. Efek samping dari prosedur ini, terkadang mempengaruhi produksi air mata. Akibatnya, produksi air mata berkurang dan pasien menderita mata kering. Mata kering bisa muncul selama 6 bulan pertama pascaoperasi LASIK. Obat tetes mata biasanya digunakan untuk mengobati gejala ini.

Komplikasi lapisan luar kornea (flap)

Selama operasi, lapisan luar kornea diangkat supaya laser dapat membentuk ulang kecembungan kornea mata. Mengangkat lapisan luar kornea (flap) berisiko terjadinya komplikasi, termasuk infeksi, peradangan. Lapisan luar kornea (flap) lalu diganti dan fungsinya ibarat “perban alami” sampai menempel kembali pada kornea. Jika tidak dibuat dengan benar, maka flap tidak dapat menempel pada kornea. Maka dari itu, 1 atau 2 minggu setelah LASIK, pasien harus berhati-hati dan tidak boleh mengucek mata.

Undercorrection, overcorrection

Undercorrection/overcorrection dapat terjadi karena laser mengangkat jaringan kornea dalam jumlah yang kurang tepat –terlalu sedikit atau terlalu banyak. Dampaknya, minus pasien seakan-akan masih tersisa atau bahkan menjadi plus jauh. Bahkan dalam beberapa kasus, pasien kecewa karena tidak mendapatkan penglihatan sejelas yang mereka harapkan. Pasien LASIK bahkan masih harus menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk beberapa atau semua aktivitas gara-gara undercorrection/overcorrection yang terjadi pascaoperasi LASIK. Namun, selama ketebalan kornea mata cukup, hal ini bisa diatasi dengan melakukan LASIK ulang.

Nah itu tadi beberapa komplikasi yang mungkin terjadi setelah operasi LASIK. Tak perlu cemas karena apabila Anda memeriksakan diri Anda (kontrol) ke dokter spesialis mata pascaoperasi LASIK, maka komplikasi dapat diatasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang hendak operasi LASIK.

Back