Biaya LASIK Mata – Kisaran dan Faktor Penentu

 14/03/19

biaya lasik mata

LASIK, singkatan dari Laser Assisted in Situ Keratomileusi, adalah tindakan operasi pada mata yang menggunakan laser untuk mengoreksi ketajaman penglihatan. LASIK dapat mengatasi mata minus, plus jauh dan silinder, sehingga dapat membantu menghilangkan ketergantungan pada penggunaan kacamata dan atau lensa kontak. Lantas, berapakah biaya LASIK mata?

BIAYA LASIK MATA di Indonesia

Di Indonesia, khususnya di Jakarta, telah banyak rumah sakit dan klinik yang bisa melakukan LASIK. Namun, biaya LASIK adalah biaya yang ditanggung sendiri oleh pasien dan tidak ditanggung oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Kisaran biaya LASIK di Jakarta mulai dari Rp 11juta untuk satu mata, hingga Rp 38 juta untuk dua mata. Biaya tersebut bisa pula bertambah seiring dengan dibutuhkannya tindakan lanjutan pasca operasi. Tak lupa, ada juga biaya administrasi.

Biaya ini sangat tergantung pada teknologi yang digunakan dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Tak terkecuali, dokter yang menangani juga dapat menjadi faktor penentu total biaya.

Teknologi Sebagai Penentu Biaya LASIK Mata

Teknologi LASIK sudah berkembang pesat dari sejak pertama kali diciptakan. Namun pada dasarnya, teknologi LASIK dengan menggunakan pisau (Microkeratome) tentu lebih murah jika dibandingkan dengan yang menggunakan LASER.

Saat operasi LASIK dilakukan proses pembukaan lapisan kornea atau flap (in situ) dan pembentukan kembali jaringan kornea yang lebih sehat (keratomileusis). Nah perbedaan jenis LASIK terdapat pada cara dibukanya lapisan kornea atau flap.

LASIK konvensional menggunakan pisau khusus yang disebut microkeratome pada tahap ini. Sedangkan modern ini, operasi bladeless LASIK atau IntraLASIK menggunakan laser yang lebih akurat untuk membuka dan membentuk flap.

Bladeless LASIK pun kini sudah berbeda-beda jenisnya. Ada yang disebut Z-LASIK, presbyLasik, hingga Wavefront-guided LASIK. Masing-masing tipe LASIK ini sangat tergantung pada kondisi masing-masing calon pasien. Maka itu, konsultasi lebih lanjut dengan dokter sangat dibutuhkan untuk menentukan bisa atau tidaknya seseorang untuk menjalani LASIK.

TEKNOLOGI DAN BIAYA LASIK MATA DI KMN EYECARE

Sebagai pusat layanan khusus mata terdepan di Indonesia, KMN Eyecare memiliki layanan LASIK mata dengan peralatan paling muktahir modern ini. Tak hanya itu, KMN Eyecare juga memiliki dokter-dokter spesialis mata yang sangat berpengalaman dalam bidangnya, serta telah dibekali dengan ilmu-ilmu berstandar internasional.

Di KMN Eyecare, prosedur LASIK secara garis besar terdiri dari tiga bagian krusial. Langkah pertama adalah pemetaan kornea dalam 3 dimensi (3D Corneal Mapping). Tiap mata manusia bersifat unik, layaknya sidik jari atau DNA.

Makanya, harus dilakukan pemetaan yang akurat agar dokter dapat melakukan analisis yang tepat dalam langkah selanjutnya. Di KMN Eyecare, digunakan teknologi paling terkini untuk melakukan tahap pemetaan ini, yakni dengan wavefront atau muka gelombang.

Kedua, setelah analisis muka gelombang atas kornea telah didapat, flap dibentuk. KMN Eyecare menggunakan iFS™ Advanced Femtosecond Laser di mana hanya dibutuhkan 10 detik untuk membuat flap yang halus dengan ketebalan yang tepat.

Sekedar perbandingan, laser femtosecond lainnya membutuhkan 30-40 detik. Fakta ini jelas berarti kenyamanan yang lebih dan tingkat kecanggihan teknologi yang lebih tinggi. Jadi, wajar jika biaya didapati perbandingan biaya yang signifikan, tergantung pada teknologi yang dipakai.

Tahap terakhirLASIK di KMN Eyecare meliputi pembentuk kembali kornea dengan menggunakan Laser Excimer. Tahap ini dilakukan berdasarkan pengukuran analisis muka gelombang (wavefront) dan informasi koreksi masing-masing pasien yang unik.

Dengan teknologi dan tingkat keahlian para dokter yang dijelaskan di atas, KMN Eyecare memasang harga LASIK di angka Rp 28 juta untuk dua mata dan Rp 14 juta untuk satu mata. Ditambah dengan biaya pemeriksaan komprehensif yang terdiri dari delapan tahap, sebesar Rp 5 juta.

Yang jelas, dengan total biaya tersebut, para pasien yang pernah menjalankan LASIK di KMN Eyecare mengakui bahwa tidak ada rasa sakit saat menjalani operasi yang berjalan dalam sekitar 10 menit untuk satu mata itu.

Back