Gangguan Penglihatan yang Bisa Disembuhkan dengan LASIK Mata

 30/11/17

lasik mata

Pernah mendengar tentang operasi LASIK mata? Metode tindakan pada mata ini bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan bagi Anda penderita gangguan tajam penglihatan di bawah ini.

Rabun Jauh

            Rabun jauh atau miopi merupakan kondisi yang membuat penglihatan objek menjadi jelas saat dekat, tetapi menjadi buram saat dilihat dari jauh jika dibandingkan dengan kebanyakan orang. Hal ini disebabkan karena bola mata terlalu panjang atau kornea terlalu cembung dan membuat bayangan benda terfokus di depan retina,

Pengidap rabun jauh bisa dimulai pada usia sekolah hingga remaja. Ada dua faktor utama seseorang mengalami rabun jauh. Pertama karena faktor keturunan, kedua faktor lingkungan/gaya hidup, seperti sering membaca dengan tidak benar, menonton televisi dengan tidak benar, atau menggunakan komputer yang tidak benar.

            Bagaimana penanganan penderita rabun jauh? Umumnya penanganan rabun jauh bisa dilakukan dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun, banyak yang merasa terganggu dengan penggunaan kacamata dan lensa kontak ini. Untuk itu, LASIK adalah solusinya. Dengan LASIK, kornea mata pasien akan dibentuk ulang kelengkungannya sehingga terbebas dari ketergantungan pada kacamata dan lensa kontak.

Astigmatisme

            Astigmatisme atau dikenal dengan silinder merupakan kondisi mata yang terjadi karena lengkungan kornea yang tidak rata,  sehingga cahaya yang jatuh ke retina seperti berpendar dan pandangan menjadi kabur/double. Terdapat dua jenis kerusakan astigmatisme, yakni regular dan irregular. Astigmatisme regular adalah ketika satu sisi kornea mata lebih melengkung dari sisi lainnya. Sementara astigmatisme irregular adalah ketika kornea mata tidak rata tidak hanya di satu sisi, tetapi di seluruh permukaan kornea. Pembedahan operasi LASIK mata untuk penderita astigmatisme dilakukan dengan cara mengatur bentuk kornea yang tidak simetris menjadi lebih normal dan simetris.

Back