Jenis Lensa yang Digunakan dalam Operasi Katarak

 15/11/17

jenis lensa operasi katarak

Seperti yang kita ketahui, katarak adalah suatu kondisi di mana lensa mata mengalami kekeruhan. Cara mengetasinya hanyalah dengan operasi katarak. Operasi katarak diperlukan untuk mengganti lensa yang keruh dengan lensa buatan. Mau tahu lensa seperti apa saja yang digunakan dalam operasi katarak? Yuk simak artikel yang satu ini.

Dalam operasi katarak, lensa pasien yang menderita katarak atau yang telah mengalami kekeruhan, diangkat dari mata. Lensa ini kemudian digantikan dengan lensa baru atau lensa buatan. Lensa baru yang dipasang saat operasi katarak (intraocular lens/IOL) ini berfungsi menggantikan lensa alami yang keruh tadi. Operasi katarak dan pemasangan lensa intraocular dapat mengembalikan kecerahan penglihatan Anda.

Salah satu jaringan klinik mata terbesar di Indonesia, yaitu Klinik Mata Nusantara (KMN), memiliki beberapa jenis lensa yang ditawarkan kepada para pasien yang akan operasi katarak. KMN menawarakan lensa intraocular Lens (IOL), untuk menggantikan fungsi lensa mata yang mengalami katarak. Kualitas IOL sangat mempengaruhi  penglihatan paska operasi katarak. Untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi pasien, KMN hanya menggunakan IOL yang terbaik. Salah satu IOL andalan di KMN adalah lensa Acrysof buatan Alcon di Fort Worth Texas.

Bahan Acrysof adalah acrylic hydrophobic dengan bio-kompatibilitas terbaik. Secara klinis jenis lensa ini terbukti mempunyai angka katarak sekunder (PCO) paska operasi katarak yang  rendah dibandingkan dengan lensa lainnya. 

Beberapa jenis lensa yang ditawarkan di KMN adalah :

Lensa Silver :

Keunggulan Lensa

  • Bahan dasar acrylic hydrophobic dengan bio-kompatibitas yang paling baik
  • Implantasi / pemasangan lensa ke dalam mata yang mudah dengan sayatan kecil (2,2 mm ‚ 2,75 mm)
  • UV (Ultra Violet) Blocker

Lensa Gold :

Keunggulan Lensa

  • Semua keunggulan Acrysof‚ Single Piece + Design lensa Aspherical 
  • Mengkoreksi spherical aberration yang terjadi pada lensa spheris ( lensa biasa ), sehingga cahaya jatuh pada satu titik fokus di retina.
  • Blue Blocker, yang melindungi retina seperti fungsi mata alami sebelum dilakukan operasi katarak

Lensa Toric :

Keunggulan Lensa

  • Semua keunggulan Acrysof‚ Single Piece + Lensa Silindris
  • Memberikan koreksi terhadap astigmat atau silindris pada kornea
  • Blue Blocker, yang melindungi retina seperti fungsi mata alami sebelum dilakukan operasi katara

lensa Multifokus

Keunggulan Lensa

  • Semua keunggulan Acrysof‚ Single Piece + Lensa Multifocal
  • Apodized Technology, yang mengatasi kelemahan lensa multifokal jenis lainnya, yaitu gangguan silau dan efek halo
  • Blue Blocker, yang melindungi retina seperti fungsi mata alami sebelum dilakukan operasi katarak

Demikian tadi berbagai tipe lensa yang digunakan dalam operasi katarak. Jenisnya berbeda-beda sesuai kebutuhan dan jenis penglihatan yang Anda alami. Untuk menentukan lensa apa yang dipasang dalam operasi katarak, sebaiknya Anda berdiskusi lebih lanjut dengan dokter mata Anda. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang hendak operasi katarak dalam waktu dekat ini. 

Back