LASIK Mata, Berbahayakah?

Semua orang pasti setuju bila mata adalah pancaindra yang penting. Namun tak semua orang memiliki penglihatan yang sempurna. Banyak pula yang harus mengenakan lensa kontak atau kacamata karena matanya mengalami gangguan tajam penglihatan. Kini telah hadir prosedur LASIK mata untuk mengembalikan tajam penglihatan. Pertanyaannya, apakah LASIK mata ini berbahaya? Bisakah terjadi komplikasi? Adakah efek samping yang dirasakan pasien setelah LASIK mata? Yuk simak yang satu ini.

Kemungkinan komplikasi saat LASIK mata

            Apakah Anda tahu apa yang terjadi pada mata Anda selama prosedur LASIK mata dilakukan ?  Saat Dokter melakukan prosedur LASIK mata, langkah pertama adalah lapisan luar kornea mata Anda akan di-laser dan dibuat flap (semacam pintu yang dibuka untuk membantu sinar LASER membentuk ulang kornea mata). Setelah flap terbentuk dan terbuka, dilanjutkan dengan proses laser untuk membentuk ulang kornea mata. Setelah selesai, flap kembali ditutup dan Anda sudah bisa melihat dengan jelas.

            Selama prosedur  LASIK ini dijalankan, belum pernah ditemui adanya kebutaan yang disebabkan oleh LASIK. Resiko yang mungkin muncul adalah adanya under atau over correction. Yaitu adanya resiko masih sisanya minus atau munculnya plus karena ketidaktepatan saat dilakukannya pengukuran awal. Namun ..... jangan khawatir.... selama tebal kornea Anda mencukupi, resiko tersebut diatas bisa diatasi dengan melakukan retreatment ulang

Efek samping LASIK mata

            Apakah ada efek samping setelah menjalani prosedur LASIK mata? Ya.

Sesaat setelah LASIK mata, mata Anda akan terasa kering, berkabut dan seperti berpasir. Dan kadang .... ada beberapa keluhan mata silau saat melihat cahaya. Namun hal itu hanya sementara. Ada beberapa orang yang perlu waktu 1 atau 2 hari untuk bersih dari semua efek samping tersebut, namun ada pula yang memerlukan waktu lebih lama.

            Aktivitas sehari-hari, seperti berdandan (terutama wilayah mata), cuci muka, berenang, dan sauna, harus Anda hentikan untuk sementara waktu. Untuk mengatasi efek samping ini, Dokter akan memberikan resep obat tetes mata khusus pasca prosedur LASIK mata.

 

Nah, demikianlah tadi penjelasan mengenai apakah LASIK mata berbahaya; kemungkinan komplikasi; dan efek samping LASIK mata. Pada prinsipnya,  LASIK mata aman loh. Kemungkinan terjadinya komplikasi kecil. Efek sampingnya pun sedikit dan hanya bersifat sementara. Kuncinya sih Anda selaku pasien harus mengikuti anjuran Dokter dan menuruti pantangannya. Jadi, tertarik mencoba LASIK mata?

Iklan Klinik Mata Nusantara Official
Banner News Right