Operasi Katarak Ternyata Tidak Menyeramkan lho!

 15/07/17

Sebagai penyakit mata, katarak mungkin awalnya tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Namun, jika katarak yang dialami semakin bertambah parah, penglihatan kalian ataupun orang tua kita, seakan menjadi berkabut dan lebih parahnya lagi, membuat kita kehilangan penglihatan. Walaupun katarak terdengar menyeramkan, operasi katarak ternyata merupakan cara yang ampuh untuk memperbaiki penglihatan kita atau orang tua kita yang terganggu akibat katarak.

Dengan semakin berkembangnya teknologi hingga pengetahuan terhadap katarak, operasi pada mata yang terkena katarak menjadi salah satu prosedur operasi yang aman dan efektif. Operasi katarak ini dilakukan untuk mengganti lensa mata yang sudah berkabut dengan Intraocular Lens atau lensa mata buatan supaya penglihatan penderita katarak menjadi jelas kembali. Banyak operasi katarak di zaman modern ini yang sudah menggunakan prosedur Fakoemulsifikasi untuk menghancurkan lensa yang sudah berkabut agar bisa diangkat dengan mudah dari mata pasien.

 

Berkat prosedur fakoemulsikasi, operasi katarak menjadi lebih aman, mengurangi resiko komplikasi sampai proses penyembuhan yang lebih cepat dari prosedur lainnya. Setelah lensa yang sudah tidak berfungsi dengan baik diangkat, mata kalian akan ditanamkan lensa buatan yang pastinya aman untuk mata. Dan pastinya, sebelum melakukan semua prosedur ini, mata kalian akan dicek terlebih dahulu untuk menentukan apakah kalian bisa menempuh operasi katarak atau tidak, serta mengidentifikasi resiko yang bisa timbul akibat prosedur dari operasi katarak.

Singkatnya, jika kalian berpikir untuk mengobati katarak yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari kalian, jangan takut lagi karena operasi terhadap mata yang terkena katarak sudah lebih aman dan dianjurkan oleh para dokter mata!

Back