Pantangan Pasca operasi LASIK

 19/08/17

Biarpun operasi LASIK berlangsung dalam waktu singkat dan tidak harus rawat inap di klinik mata atau rumah sakit, ada larangan-larangan pasca operasi yang harusnya Anda patuhi. Tentunya bila ingin hasil LASIK Anda sempurna. Apa sajakah larangan atau pantangan tersebut? Yuk simak bahasanya berikut ini.

Larangan mengucek mata

Setelah operasi LASIK, mata Anda akan merasa tak nyaman. Lamanya bervariasi, mulai dari 2 - 3 jam atau terkadang sampai 1 - 2 hari atau bisa juga lebih, tergantung kondisi dari masing-masing pasien. Pasca operasi LASIK, mata Anda akan terasa seperti gatal dan berpasir. Namun mengucek mata apalagi menggaruk tidak diperbolehkan. Dokter akan memberikan Anda obat tetes mata untuk mengatasi mata kering dan gatal pascaoperasi LASIK. Pada prinsipnya, dokter Anda akan menyarankan Anda untuk tidak menyentuh mata untuk alasan apa pun kecuali obat tetes mata.

Larangan keramas, cuci muka pakai sabun, dan berenang

Pada prinsipnya, menggunakan apa pun yang akan masuk ke area mata amat berbahaya pascaoperasi LASIK. Nah, yang berbahaya dari keramas atau berenang adalah air yang akan masuk ke mata, terutama air kolam berenang umum yang biasanya banyak tercemar bakteri. Namun jangan khawatir, larangan keramas ini biasanya hanya untuk beberapa hari saja.

Larangan mengemudi

Berapa lama larangan mengemudi untuk pasien pasca operasi LASIK? Tentunya tergantung pada waktu penyembuhan mata si pasien itu sendiri. Beberapa pasien baru boleh mengemudi setidaknya dua hari setelah operasi, dan itu pun bukan jarak jauh. Kondisi mata pasca operasi LASIK belum normal seratus persen, bahkan kadang menyebabkan sensitivitas tinggi terhadap cahaya pasca operasi. Banyak pasien yang merasa sangat silau saat melihat cahaya terang. Untuk itu, sangat disarankan untuk memakai kacamata hitam saat berkendara pada siang hari.

Larangan penggunaan make up di sekitar mata

Pada dasarnya, setiap make-up sangat tidak dianjurkan dipakai, setidaknya tiga hari sebelum atau sehari setelah operasi. Bahkan ada dokter mata yang menyarankan Anda untuk pantang ber-make-up sampai dua hari setelah operasi LASIK. Mengapa demikian? Hal ini  karena make up yang Anda gunakan dapat menginfeksi mata Anda. Make Up mengandung butiran-butiran halus yang sangat dimungkinkan masuk ke mata kita. Bisa dibayangkan jika ada benda-benda seperti partikel make up tersebut yang masuk ke mata kita, padahal mata kita baru saja menjalani operasi LASIK. Jika itu terjadi, resiko infeksi bisa menghantui kita. Oleh sebab itu, kita harus bersabar untuk tidak memakai make up dulu untuk sementara waktu.

Mengenai kapan Anda baru boleh menggunakan make-up lagi, baiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter mata.

Demikian tadi hal-hal yang dilarang setelah operasi LASIK. Semuanya penting untuk dituruti jika Anda ingin mata Anda kembali normal dan jangan lupa untuk kontrol ke dokter mata. Semoga bermanfaat bagi Anda yang akan operasi LASIK. 

Back