Tata Cara LASIK Mata di KMN EyeCare

 23/07/17

Pada prinsipnya, LASIK mata tergolong cosmetic surgery karena tujuan operasi ini adalah menghilangkan minus dan silinder yang terdapat pada mata, bukan penyakit berat yang mengganggu kesehatan. Minus dan silinder pada mata sebetulnya bisa diatasi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Namun karena penggunaan lensa kontak dan kacamata ini cukup mengurangi kebebasan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari, maka semakin banyak orang yang mencari cara untuk melepaskan ketergantungan mereka pada lensa kontak dan kacamata ini. Bagaimana tata cara ikut LASIK mata di salah satu klinik mata terbaik, Klinik Mata Nusantara, yuk simak ulasannya.

Sebelum operasi

Pertama sekali yang Anda harus lakukan adalah mendaftar dengan mengisi biodata calon pasien. Untuk itu, Anda bisa datang langsung atau mengisi formulir di website Klinik Mata Nusantara (KMN).  Ada juga ada daftar nama dokter-dokter spesialis mata beserta jadwal masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Setelah itu bukan langsung operasi LASIK mata, tapi membuat janji untuk melakukan pemeriksaan pra-LASIK. Tujuannya untuk mengetahui apakah mata kita dalam keadaan yang baik untuk dioperasi LASIK atau tidak. Pasalnya, tidak semua kornea mata sanggup menghadapi operasi LASIK, misalnya kornea yang sudah terlalu tipis.

Saat operasi LASIK mata

Kalau sudah keluar hasilnya dan Anda dinayatakan layak untuk LASIK mata, maka barulah akan dilakukan LASIK mata. Pada hari H beberapa saat sebelum LASIK mata, Anda akan dipanggil masuk ke ruang pemeriksaan sebelum operasi. Anda akan diperintahkan lepas sepatu, pakai jubah pasien, duduk di sofa didalam suatu ruangan yang nyaman. Lantas suster memasangkan alat cek tensi. Kemudian Anda diizinkan masuk ke ruang operasi.

Kelopak mata Anda dipasangi alat supaya tidak banyak mengedip. Lalu digunakanlah alat berupa laser yang fungsinya membuat flap di kornea mata. Selama prosedur, Anda hanya diminta fokus melihat titik merah selama beberapa menit dan tidak terasa sakit. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan Laser di kornea mata untuk membentuk kecembungan.  Terakhir, setelah kedua proses itu selesai, dipasangkan alat serupa softlens bening supaya kornea tidak luka.

 

Setelah LASIK mata

Anda akan diberikan resep obat yang ditebus di farmasi klinik. Biasanya dokter memberikan sejumlah larangan, yakni mata tidak boleh kena air, tidak boleh kucek mata, tidak boleh memakai make up di bagian mata. Mata Anda mungkin akan terasa perih, namun hanya sebentar. Sehari kemudian, sakit itu bakal hilang. Penglihatan pada awalnya agak silau, tapi lambat-laun akan kembali seperti keadaan saat masih memakai kacamata pada beberapa kasus, minus/silindris pada mata  masih bersisa, dan jika ini terjadi, maka akan dilakukan koreksi lagi dengan syarat ketebalan korena mata Anda masih mencukupi. Anda pun masih harus berkonsultasi ke dokter mata secara rutin sampai 3 bulan pasca prosedur LASIK mata dilakukan.

Back