• Retina
  • Vitreous Body
  • Ciliary Body
  • Conjunctiva
  • Iris
  • Pupil
  • Cornea
  • Lens
  • Sclera
  • Choroid
  • Macula
  • Optic Nerve

ANATOMI MATA

Retina

Retina merupakan lapisan peka cahaya yang terletak di bagian belakang bola mata. Sama halnya seperti film dalam kamera, bayangan benda yang masuk dari lensa difokuskan pada retina. Retina kemudian mengolah bayangan-bayangan ini menjadi impuls-impuls listrik yang dikirimkan ke otak. Retina terdiri dari sel reseptor sensoris untuk transmisi cahaya yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu : rod dan cone. Reseptor rod berfungsi baik saat pencahayaan yang sangat lemah. Jumlah reseptor cone hanya kira-kira 6 juta, sedangkan jumlah reseptor rod 125 juta. Penglihatan dengan menggunakan reseptor rod relatif buruk. Penglihatan untuk yang berwarna seluruhnya bergantung pada kesatuan reseptor cone. Reseptor cone membentuk area yang terpusat pada retina dan dikenal sebagai fovea, yang terletak di pusat macula lutea.


Vitreous Body

Viitreous Body merupakan cairan bening di dalam bola mata yang mengisi ruang antara lensa dan retina.


Ciliary Body

Ciliary Body atau badan siliar dengan panjang kira-kira 2,5 mm terdiri dari otot siliar dan suspensory ligament. Badan siliar ini bertanggung jawab untuk produksi utama cairan aqueous dan memmbantu akomodasi lensa supaya cahaya dapat difokuskan tepat pada retina. Badan siliar secara langsung mengontrol kemapuan fokus mata.


Conjunctiva

Konjungtiva merupakan membran yang menutupi sklera dan kelopak bagian belakang.


Iris

Iris adalah diafragma di depan lensa yang berfungsi untuk memperlebar atau memperkecil ukuran pupil untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk dalam mata.


Pupil

Pupil adalah bintik tengah yang merupakan celah dalam iris, tempat cahaya masuk guna mencapai retina. Ukuran pupil diatur oleh otot dilator dan sphincter, sehingga dapat mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.


Cornea

Kornea merupakan struktur yang transparan yang menutupi iris dan pupil. Kornea memiliki permukaan cembung dan berfungsi hampir sama seperti lensa yang terletak diluar mata, dengan merefraksi cahaya yang masuk pada mata. Kornea juga memfokuskan sebagian besar cahaya yang masuk pada mata kita.


Lens

Lensa mata merupakan struktur transparan yang terletak diantara iris dan vitreous. Bagian ini berbentuk cembung, terletak tepat di belakang pupil. Lensa dikelilingi oleh kapsul yang transparan, dengan sampul yang elastis. Fungsi lensa adalah untuk memusatkan cahaya yang memasuki mata melalui kornea sehingga kita dapat melihat benda-benda dengan jelas. Seiring bertambahnya usia, lensa akan semakin keras, khususnya bagian pusat lensa.


Sclera

Sklera yang berwarna putih buram membentuk 5/6 bagian posterior lapisan pelindung mata.


Choroid

Koroid merupakan lanjutan iris dan badan siliar, terletak antara retina dan sklera. Fungsi utamanya adalah menyediakan nutrisi untuk lapisan luar retina.


Macula

Makula adalah bagian tengah retina yang bertanggung jawab untuk memproses penglihatan rinci.


Optic Nerve

Optic Nerve atau saraf optikus terletak di bagian posterior bola mata dan mengirimkan rangsangan visual dari retina ke otak itu sendiri.


Back to Main Site