HEALTH NEWS

Kebersihan mata untuk “Blepharitis”

 

http://sveikas.lt/uploads/img/catalog/5/image_5_46497428.jpgBlepharitis artinya peradangan pada kelopak mata, terutama di bagian bulu mata dan biasanya terjadi karena kelenjar minyak kecil yang terletak di dekat pangkal bulu mata mengalami kerusakan, karena itulah yang menyebabkan kelopak mata meradang, iritasi dan gatal. Tetapi tidak perlu khawatir kawan, kondisi ini tidak menular kok..J kecuali ada kutunya yang bernama demodex

Yuk…kita kupas lebih dalam lagi tentang penyakit ini J… blepharitis berasal dari bahasa Yunani, blepharo artinya kelopak mata dan itis yang berarti radang.

 

 

 

Ada 2 jenis blepharitis yaitu : 1. Anterior Blepharitis                                                   2. Posterior Blepharitis

                                                                 http://images.medicinenet.com/images/slideshow/eye_diseases_and_cond_s12_blepharitis.jpg

 

eye with eyelid detailPenyebabnya yang pasti adalah karena adanya bakteri, untuk yang anterior terjadinya di tepi kelopak mata dekat bulu mata, dengan gejala yang sering kita jumpai adanya ketombe di bulu mata…(hiiii….jijik ya….dan ternyata ketombe juga bukan hanya di kepala ya teman…xixiixxi J).

Sedangkan yang posterior itu disebabkan karena radang pada kelenjar meibom khususnya bagian atas dan bawah kelopak mata, gejalanya merah, gatal dan kelenjar meibom akan memproduksi sekresi yang abnormal.

Tanda dan gejala yang sering dikeluhkan: mata sering berair, merah, seperti sensasi berpasir dan terbakar di dalam mata, kelopak mata tampak berminyak, kelopak mata terasa gatal, kelopak mata merah dan bengkak, kelopak mata lengket, sensitif terhadap cahaya, bulu mata rontok……nah kalau teman-teman atau keluarga terdekat kita merasakan keluhan seperti ini jangan lupa segera diperiksa ya…tentunya di Klinik Mata Nusantara 

mmmmm…..penyakit ini bisa menyerang segala usia loh teman….selain para orang tua, biasanya juga kita jumpai kaum hawa yang sering bersolek khususnya pengguna mascara dan eye liner…....(wah…wah…ternyata…)…..tetapi nggak perlu khawatir…, untuk menghindari bakteri ini, jangan lupa sebelum  tidur cuci muka dan bersihkan bulu mata dengan seksama dulu ya                       ( ingat…ingat…ting…).

Nama penyakitnya kita sudah kenal, penyebabnya sudah tau, gejala juga sudah tau…..apalagi ya…..aha…kita juga harus tahu pengobatan pada blepharitis.

Pengobatannya selain dengan obat-obatan yang diberikan oleh dokter ada juga yang tidak mahal kawan ternyata cukup dengan cara membersihkan area yang meradang secara rutin.

 

Siapkan alat-alat berikut:

Sampo bayi yang tidak pedih di mata, air hangat bersih, kain kasa steril, kom stainless steel, piala ginjal, water for injection 25 ml atau air mengalir.

Lalu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan persiapan alatnya terlebih dulu
  2. Cuci tangan hingga bersih
  3. Celupkan kain kasa kedalam air hangat, peras kain kasa hingga tidak terlalu basah.
  4. Kompres hangat dan pijat dengan lembut ke arah bawah pada daerah kelopak mata
  5. Tuangkan sampo bayi dan sedikit air ke-atas telapak tangan
  6. Gosokkan sampo bayi hingga berbusa
  7. Ambil busanya dan gosokkan pada bulu mata dengan arah dari atas ke bawah
  8. Bilas sisa sampo bayi dengan air ke arah bawah
  9. Bersihkan bulu mata dengan kain kasa basah

Keringkan muka dengan kain bersih.

Back to Main Site