Radang Mata

Penanganan radang mata yang disebabkan oleh iritasi berbeda dengan radang mata akibat virus atau bakteri. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, periksakan diri Anda ke dokter mata Anda, atau kunjungi KMN.

• BLEFARITIS (Peradangan pada kelopak mata)

Pasien merasakan mata berair dan gatal, tampak kemerahan pada tepi kelopak mata dan krusta (kerak) pada bulu mata, yang disebabkan infeksi bakteri atau kondisi kulit yang tidak normal karena ketombe atau acne rosacea.

• KERATITIS (Peradangan kornea)

Gejala yang dirasakan adalah mata merah dan berair, rasa sakit, silau dan buram. Penyebabnya adalah infeksi bakteri, virus atau jamur. Pemakai lensa kontak yang tidak bersih mempunyai resiko keratitis yang bila tidak segera ditangani dapat menjadi tukak tukak kornea (ulkus kornea). Penyembuhan pada ulkus kornea bisa meninggalkan bekas (sikatrik). Ulkus kornea yang ditelantarkan bisa menyebabkan kebutaan.

• KONJUNGTIVITIS (Peradangan pada konjungtiva)

Gejala yang ditimbulkan berupa mata merah dan berair, adanya sekret/ kotoran mata, rasa gatal dan kelopak mata bengkak. Penyebab penyakit ini adalah bakteri, virus atau alergi.

• SKLERITIS ( Peradangan Sklera )

Skleritis adalah peradangan pada Sklera (lapisan putih bola mata dibawah konjungtiva) Gejala yang dirasakan adalah mata merah, sakit yang hebat serta buram. Kelainan ini mungkin disebabkan penyakit di tempat lain sehingga dokter mungkin akan memeriksa darah dan rontgen untuk mencari penyebabnya.

• DRY EYE SYNDROME (Sindrom mata kering)

Disebabkan oleh penurunan produksi atau peningkatan evaporasi air mata. Gejala yang dirasakan pasien adalah rasa ganjal, pedas, dan berair pada mata. Faktor penyebabnya antara lain usia lanjut, perubahan hormonal karena menopause, kelainan autoimmune, pengaruh obat seperti obat anti tekanan darah tinggi serta berkurangnya refleks mengedip seperti pemakaian komputer yang lama.

• EROSI KORNEA BERULANG

Erosi epitel kornea ini disebabkan kelemahan ikatan antara epitel kornea dengan lapisan Bowman dibawahnya. Penyebabnya adalah trauma, kelainan bawaan kornea atau penyakit seperti diabetes. Pasien akan mengeluh mata berair dan sakit secara mendadak, silau dan sulit membuka mata.