Perawatan Pasca Operasi Katarak

 19/01/18

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Operasi katarak adalah satu-satunya jalan untuk mengganti lensa mata yang keruh (katarak). Banyak masyarakat yang hanya fokus pada bagaimana operasinya saja. Padahal, perawatan setelah operasi-pun juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Ada beberapa langkah pemulihan yang harus diperhatikan pasca operasi katarak. Pasien pun harus disiplin dalam melakukan segala perintah dan pantangan yang diberikan dokter mata. Apa sajakah itu? Yuk simak yang berikut ini.

Yang boleh Anda lakukan

Pada dasarnya, yang harus Anda lakukan setelah operasi katarak adalah beristirahat dan menghabiskan banyak waktu di rumah. Jika terpaksa bepergian (terlebih ke tempat berdebu) maka akan lebih baik jika Anda mengenakan kacamata hitam. Tujuannya agar mata tetap nyaman karena mata Anda untuk sementara waktu akan sangat peka terhadap cahaya. Pasca operasi katarak, Anda akan diberikan obat-obatan, seperti obat pereda nyeri dan obat tetes mata. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menggunakannya. Jangan lupa gunakan pelindung mata ketika tidur.

Yang tak boleh dilakukan

Beberapa hal yang biasa Anda lakukan sehari-hari mungkin untuk sementara tidak bisa dilakukan pasca operasi katarak, misalnya mengucek atau memegang mata, juga berenang atau spa. Hal ini untuk mencegah kontaminasi pada luka kecil yang ada pada mata Anda, yang disebabkan oleh operasi Katarak yang baru Anda lakukan. Juga hindari dulu make up pada bagian mata. Jangan mengemudikan mobil atau sepeda motor sementara waktu setelah operasi katarak.

Katarak sekunder

Pasca operasi katarak, terkadang penglihatan Anda bisa menjadi keruh kembali. Kondisi ini disebut kekeruhan kapsul posterior atau sering disebut katarak sekunder. Katarak sekunder terjadi ketika kapsul tempat lensa buatan mengalami penebalan dan menjadi keruh. Sinar yang masuk ke mata jadi terganggu dan penglihatan jadi menurun tajam. Terjadinya katarak sekunder pada pasien, berbeda-beda waktunya. Umumnya yang menjadi penyebab munculnya katarak sekunder ini adalah ada atau tidaknya penyakit lain pada pasien (Diabetes, dll), atau karena kualitas lensa yang tidak baik.

Untuk menangani Katarak sekunder, dokter spesialis mata akan melakukan tindakan Laser. Dalam prosedur ini, digunakan laser untuk membuat lubang di tengah kapsul agar cahaya masuk dengan baik.

Demikianlah tadi beberapa hal yang terjadi pasca operasi katarak. Jika Anda melakukan semua perintah dokter dan mematuhi segala pantangannya, mata Anda akan kembali pulih dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kalaupun terjadi katarak sekunder, para dokter dapat mengatasinya.

Back