Persamaan LASIK Mata dan Operasi Katarak

      LASIK mata dan operasi katarak sudah lumayan dikenal oleh masyarakat, bahkam mungkin keluarga atau sahabat Anda ada yang telah menjalaninya. Tentunya Anda berpikiran kalau LASIK mata dan operasi katarak berbeda satu sama lain. Namun ternyata ada juga kesamaannya. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak bahasannya berikut ini.

Tujuannya sama-sama memperbaiki penglihatan

      LASIK mata bertujuan memperbaiki penglihatan Anda yang menderita mata minus, plus jauh, atau silindiris. Operasi katarak pun bertujuan memperbaiki penglihatan mata yang kabur karena lensanya mengalami kekeruhan. Dalam LASIK mata, kornea mata di"bentuk" kembali kelengkungannya agar penglihatan kembali tajam.  Sementara dalam operasi katarak, yang diberikan tindakan adalah lensa mata, dimana lensa mata yang mengalami kekeruhan tersebut diganti dengan lensa buatan.

Sama-sama memerlukan tes sebelum prosedur

      LASIK mata dan operasi katarak sama-sama memerlukan tes atau pemeriksaan pendahuluan terlebih dulu sebelum prosedur operasi dilakukan. Tes sebelum LASIK mata dilakukan untuk mengetahui apakah mata kita dalam keadaan yang baik dan bisa untuk dilakukan operasi LASIK mata atau tidak. Perlu diingat bahwa tidak semua kornea mata sanggup menjalani LASIK mata. Misalnya, kornea yang terlalu tipis.

      Sementara itu, tes sebelum operasi katarak dilakukan untuk mencari tahu apakah mata kita bisa menjalani proses penggantian lensa atau tidak, serta untuk menghitung/mengetahui jenis lensa apa yang paling optimal untuk ditanamkan dalam mata kita.

Sama-sama menggunakan teknologi tinggi dalam prosedurnya

     LASIK mata dan operasi katarak sama-sama menggunakan teknologi tinggi dalam prosedurnya. LASIK mata menggunakan laser untuk mengikis beberapa jaringan yang ada di kornea dan bisa menipiskan/meratakan/mengiris lapisan atau lengkungan kornea. Prosedur LASIK mata berlangsung sangat singkat. Waktunya kurang lebih 30 menit. Wow! Pasien pun boleh pulang setelah itu, namun harus melakukan kontrol secara berkala ke dokter spesialis mata. Nah, bagaimana dengan operasi katarak? Dalam operasi katarak, pada dasarnya, lensa yang keruh dihancurkan lalu dikeluarkan, kemudian digantikan dengan yang baru. Pada saat menghancurkan itulah, teknologi tinggi ini digunakan. Teknologi ini adalah teknologi ultrasound, yang dikebanyakan orang awam menyebutnya sebagai teknologi laser . Sebelumnya, operasi-operasi katarak dilakukan dengan pisau bedah yang peluang infeksinya lebih besar. 


     Itulah tadi sekilas tentang persamaan antara LASIK mata dengan operasi katarak. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Jika mata Anda mengalami gangguan, jangan tunggu lama, segera periksakan ke Dokter Spesialis Mata.