Sejarah Perkembangan LASIK Mata di Jakarta

 01/11/17

LASIK  (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) atau yang lebih dikenal sebagai LASIK mata telah mengalami perkembangan pesat di Jakarta. LASIK mata di Jakarta kini semakin digemari karena Tingkat keberhasilannya terbukti sangat tinggi dan jarang terjadinya komplikasi. Bagaimana sejarah perkembangan LASIK mata di Jakarta? Yuk simak ulasannya berikut ini.   

Sejarah perkembangan LASIK mata di Jakarta tentunya tak bisa lepas dari sejarah perkembangan LASIK mata dunia. Pemotongan lapisan tipis dari permukaan kornea pertama kali dilakukan pada 1950-an di Kota Bogota, Kolumbia, oleh seorang dokter bernama Jose Barraquer. Dua dekade selanjutnya, dokter Svyatoslav Fyodorov  mengembangkan teknik pemasangan lensa buatan dalam LASIK mata. Ia pula yang pertama kali mendesain kontak lens intraokular.

Penggunaan laser—seperti yang berkembang dalam LASIK mata di Jakarta saat ini—dimulai pada 1980 oleh Rangaswamy Srinivasan di laboratorium IBM Research. Hasil risetnya membuktikan laser excimer ultraviolet dapat memotong jaringan hidup dengan sangat presisi namun tanpa menyebabkan efek kerusakan panas ke area sekitar. Sembilan tahun kemudian, Marguerite B. McDonald MD melakukan operasi mata pertama dengan menggunakan laser pada manusia. Inilah yang kemudian membawa perubahan pada LASIK mata di Jakarta.

Tak berselang lama, teknologi LASIK mata masuk ke Jakarta, yakni sejak 1995. LASIK mata di Jakarta saat itu menggunakan Microkeratome atau M-LASIK, yaitu membuka lapisan atau flap pada kornea dengan pisau.  Kekurangannya, pasien tidak cepat pulih dan risiko infeksinya pun besar karena ada penggunaan pisau bedah.

LASIK mata di Jakarta kemudian mengalami perkembangan dan tidak menggunakan pisau bedah lagi. Pada 2006, mulai muncul iLASIK. Teknologi laser yang digunakan dalam LASIK mata di Jakarta semakin canggih.  Kemampuan laser dalam memperbaiki mata minus atau silindris semakin mumpuni. Hasilnya pun akan menjadi lebih akurat karena teknologi laser saat ini semakin canggih, yang sangat membantu dalam memfokuskan posisi mata saat laser digunakan untuk LASIK mata di Jakarta.

Demikianlah tadi sekilas informasi mengenai perkembangan LASIK mata di Jakarta. Tak perlu khawatir soal keamanan dan risiko yang ditimbulkannya, karena LASIK mata di Jakarta teknologinya sudah canggih.

Back