Yuk Kenali Apa itu Operasi Katarak

 15/07/17

Rahmanto 60 tahun menderita katarak karena usia. Lama kelamaan aktivitas sehari-hari terganggu. Kacamata yang ia gunakan selama ini tidak membawa perubahan pada penglihatannya. Mau tak mau, operasi mengangkat katarak adalah solusi terakhir. Namun ia masih ragu apakah operasi katarak akan benar-benar mengembalikan penglihatannya. Nah, sebenarnya apakah yang terjadi saat operasi katarak? Bagaimana prosedurnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Pra Operasi

Sebelum operasi, ada langkah-langkah pra operasi yang harus dilakukan terlebih dulu. Dalam fase ini dilakukan beberapa tes medis untuk melihat apakah Anda bisa melakukan oeprasi katarak. Kadar gula darah, rekam jantung, pemeriksaan retina dan beberapa pemeriksaan lainnya, perlu Anda lakukan terlebih dahulu.  

Saat Operasi

Operasi katarak adalah kegiatan mengangkat lensa mata pasien yang mengalami kekeruhan, lalu menggantinya dengan lensa buatan berbahan Acrilic. Lensa ini disebut lensa implan intra okular atau lensa intra okular. Bagaimana teknik yang dilakukan dokter? Pada umumnya dokter membuat  sayatan kecil di dekat kornea. Lalu dimasukkan alat kecil untuk menghancurkan lensa keruh tadi menggunakan getaran ultrasonik. Lensa yang hancur kemudian disedot keluar dengan alat yang sama.

Pasca Operasi

Seperti LASIK, operasi katarak tak butuh waktu lama, hanya sekitar 15 - 45 menit saja. Tak perlu menginap di rumah sakit, beberapa jam setelah operasi, Anda sudah bisa pulang. Namun mata Anda mungkin belum bisa melihat dengan sempurna, sensitif terhadap cahaya, penglihatan buram, dan terasa gatal selama beberapa hari pasca operasi. Dokter pun akan menganjurkan beberapa hal untuk membantu pemulihan, misalnya menggunakan tetes mata sesuai resep dokter, menghindari masuknya benda-benda ke dalam mata, misalnya make up, sabun dan air. Juga tidak boleh menyentuh mata selama beberapa hari.

Nah, itulah tadi sekilas tentang operasi katarak dan bagaimana prosesnya. Semoga info tadi berguna buat Anda yang masih ragu ingin operasi atau tidak.

Back