Yuk Kenali Macam-Macam Penyakit Retina

 05/10/17

Retina adalah lapisan jaringan pada bagian belakang mata yang bertugas menangkap cahaya. Lantas bagaimana jika retina terkena penyakit? Apa saja jenis-jenis penyakit retina? Penyakit retina bermacam-macam dengan penyebab dan cara mengatasinya yang berbeda pula. Penyakit retina ada yang berbahaya dan ada yang tidak begitu berbahaya. Mau tahu apa saja yang termasuk penyakit retina dan cara penyembuhannya? Yuk simak artikel yang satu ini.

Infeksi retina mata

Penyakit retina yang satu ini disebabkan oleh masuknya bakteri atau mikroorganisme. Bakteri atau mikroorganisme tersebut masuk melalui aliran darah yang mengalir menuju retina mata. Akibatnya pun bisa fatal, yakni kebutaan ketika malam hari tiba. Untuk mengtasinya, dokter spesialis retina memberikan suntikan dan obat lainnya

 Ablasio retina

Ablasio retina merupakan penyakit retina yang bisa mengakibatkan kebutaan permanen. Ablasio retina terjadi bila ada sobekan pada jaringan saraf, jika sudah parah, retina bisa lepas dari posisi seharusnya. Ablasio retina sering terjadi pada manula, penderita diabetes, atau yang mengalami trauma pada mata. Untuk mengatasinya, dokter biasanya melakukan operasi menggunakan laser.

 Degenerasi makula

Sama sepertu ablasio retina, penyakit retina yang satu ini disebabkan oleh usia tua. Degenerasi makula adalah penurunan kuantitas dan kualitas retina dalam menangkap cahaya sesuai fungsinya. Pada umumnya, semakin lanjut usia maka semakin berkurang juga kepekaan dan kekuatan saraf optik matanya untuk menangkap cahaya.

Retinopati diabetes

Penyakit retina yang satu ini terjadi pada penderita diabetes. Retinopati diabetes adalah penyempitan vena secara bertahap karena gula darah mengendap pada pembuluh darah atau arteri retina mata.

Nah, begitulah tadi sekilas tentang macam-macam penyakit retina. Semoga bermanfaat bagi Anda. Bila Anda merasakan satu atau lebih gejalanya, tak perlu segan pergi ke klinik mata langganan.

Back