Apakah Biaya LASIK Mata Ditanggung oleh BPJS?

 13/03/19

biaya operasi lasik

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan untuk orang yang menderita gangguan ketajaman penglihatan mata. Namun modern ini, istilah LASIK (Laser Assisted In Situ Keratomileusis) semakin populer karena digemborkan dapat menjadi solusi lepas kacamata selamanya. Lantas, semakin banyak orang yang bertanya, “berapa biaya LASIK mata?”

Namun sebelum salah kaprah, LASIK itu bukan solusi untuk segala macam gangguan ketajaman penglihatan mata, ya. LASIK hanya khusus untuk menolong mereka yang memiliki rabun jauh (berkacamata minus), rabun dekat (berkacamata plus), dan astigmatisme (berkacamata silinder). 

Baca: LASIK - Manfaat, Risiko, Prosedur dan Biaya Operasi

Mereka yang ingin lepas dari kacamata maupun lensa kontak dapat memilih LASIK sebagai solusi. Dan pada dasarnya, LASIK sendiri adalah metode pembedahan yang modern ini menggunakan teknologi laser, di mana lengkungan kornea mata dapat direkonstruksi.

BIAYA LASIK MATA di Indonesia

Seiring berkembangnya pamor LASIK, semakin terdengar juga bahwa prosedur LASIK itu tidak murah. Meski murah dan mahal itu subyektif, namun biaya LASIK mata berada di kisaran belasan juta Rupiah untuk satu mata dan dapat mencapai lebih dari Rp 30 juta untuk sepasang.

Lagipula bukan hanya biaya operasi LASIK saja yang harus diperhitungkan, tapi masih ada biaya pemeriksaan. Pasalnya, tidak sembarang pengguna kacamata yang memiliki bujet tersebut – dapat melakukan LASIK. Dokter harus menjalani beberapa pemeriksaan hingga akhirnya dapat menentukan apakah seseorang dapat menjadi kandidat LASIK.

Baca: Operasi LASIK – Persiapan, Pelaksanaan, dan Tindakan Lanjutan

Setelah semua berjalan dengan lancar pun, para pasien LASIK akan mengalami masa penyembuhan. Periode ini sifatnya sangat subjektif, di mana kondisi masing-masing pasien bisa berbeda. Tidak menutup kemungkinan timbulnya biaya baru pada proses pemulihan.

BIAYA LASIK MATA vs Tanggungan BPJS Kesehatan

Lantas, wajar saja jika semakin banyak orang bertanya-tanya, “apakah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan menanggung biaya LASIK mata?”

Dari penjabaran manfaat dan prosesnya di atas, dapat disimpulkan bahwa LASIK mata bukan lah suatu tindakan medis yang diperlukan sekali atau essensial. Dengan kata lain, tidak ada ancaman atau bahaya kesehatan lanjutan yang dapat terjadi jika tidak melakukan LASIK.

Sekarang tengok daftar layanan medis yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan yang berkisar pada pengobatan, kebidanan, penyediaan obat, dan tindakan preventif. Sumber informasi dapat ditemukan di situs resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Berbagai penyakit dan gangguan mata termasuk menjadi tanggungan BPJS Kesehatan, dari rabun senja, rabun jauh, mata kering, hingga katarak.

Akan tetapi, LASIK tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan hingga saat artikel ini ditulis.

Program jaminan kesehatan BPJS memang menanggung rabun jauh, rabun dekat, dan silinder – namun dengan kacamata. Pasalnya, gangguan ketajaman penglihatan seperti ini masih dapat ditangani dengan memakai alat bantu seperti kacamata.

Menyiasati BIAYA LASIK MATA dengan Bujet Pribadi

Manfaat LASIK mata secara prinsipal adalah untuk menjalani hidup yang jauh lebih nyaman tanpa ketergantungan akan kacamata atau lensa kontak. Lantas, bagaimana dengan para penderita rabun jauh, dekat dan silinder yang ingin merasakan kenyamanan tersebut, namun belum memiliki bujet yang cukup untuk LASIK?

Berikut beberapa ide menyiasati biaya LASIK mata yang dapat dilakukan:

Mencicil Biaya LASIK Mata

Sekarang tak sedikit rumah sakit maupun klinik mata yang menawarkan program cicilan untuk layanan LASIK yang disediakan, salah satunya KMN Eyecare (Klinik Mata Nusantara). Biasanya program cicilan ini merupakan bentuk kerjasama dengan berbagai penerbit kartu kredit, misalnya dalam bentuk program cicilan nol persen.

Berburu Promo LASIK

Hampir tiap bulan, KMN Eyecare (Klinik Mata Nusantara) mengadakan program promosi LASIK. Dalam program-program ini, terdapat potongan harga atau diskon terhadap biaya LASIK mata. Biasanya program promosi diumumkan langsung di situs maupun laman media sosial KMN Eyecare.


Meski biaya LASIK mata terbilang tidak murah, jangan sekali-sekali berkompromi dengan layanan yang murahan. Mata adalah indera yang sangat penting, jangan sampai membahayakannya dengan LASIK berharga miring, namun tidak jelas kualitasnya. Lebih baik menyiasati dengan cicilan maupun berburu diskon di KMN Eyecare, atau sabar menunggu hingga tabungan cukup.

Lihat jadwal dokter di KMN EyeCare di sini untuk Konsultasi LASIK!

Back